Ayunin, Qurrota (2024) PENGARUH EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN PENCEGAHAN BULLYING PADA REMAJA. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Qurrota Ayunin.pdf Download (778kB) |
Abstract
Abstrak: Latar Belakang: Masih banyaknya permasalahan yang terjadi salah satunya pada anak sekolah dengan terjadinya bullying. Bullying merupakan tindakan berulang yang melibatkan aspek emosional, verbal, atau serangan fisik. Upaya peningkatan pencegahan bullying salah satunya adalah dengan pelaksanaan edukasi dengan metode role play. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh edukasi dengan metode role play terhadap kemampuan pencegahan bullying pada remaja. Metode: Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest one group desain. Populasi sebanyak 223 dengan sampel 70 responden. Dengan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian pretest sebesar 71,4% kategori kurang dan hasil posttest sebesar 92,9% kategori sangat baik. Hasil uji wilcoxon dengan p-value 0,000 menunjukkan ada pengaruh edukasi dengan metode role play terhadap kemampuan pencegahan bullying pada remaja. Kesimpulan: Metode role play efektif dalam meningkatkan kemampuan tentang pencegahan bullying pada remaja, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan empati dan kesadaran terhadap dampak negatif dari perilaku bullying. Discus: Edukasi dengan metode role play terhadap kemampuan pencegahan bullying pada remaja efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencegah kejadian bullying sehingga dapat dijadikan program secara berkala kepada pihak sekolah agar siswa memahami bagaimana cara mencegah terjadinya bullying.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:02 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |