PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SETELAH DIBERIKAN FLASHCARD PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Filaili, Elviera Zulfida (2024) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SETELAH DIBERIKAN FLASHCARD PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Elviera Zulfida F..pdf

Download (510kB)

Abstract

Makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan jenis kelamin, umur, dan status kesehatan disebut gizi seimbang. Permasalahan gizi sering terjadi karena asupan makan yang kurang bergizi ataupun mengkonsumsi makanan tinggi kalori yang ada disekolah, karena kurangnya terpapar pengetahuan tentang gizi seimbang. Penelitian ini adalah mengetahui signifikan perbedaan tingkat Pengetahuan Gizi Seimbang Setelah diberikan FlashCard pada Anak Sekolah Dasar dengan Pendekatan Pre-Exsperiment. Populasi penelitian berjumlah 49 dengan jumlah sampel 43 responden Teknik pengambilan sampel menggunakan cara simpel random sampling dan pengumpulan data menggunakan koesioner. Analisis uji wilcoxon signed rank test untuk mengetahui perbedaan pengetahuan setelah diberikan media Flashcard. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media FlashCard terhadap pengetahuan sebelum diberikan Flashcard dengan kategori baik 27,9 % menjadi 48,8 % dengan kategori baik sesudah diberikan Flashcard. Hasil statistik didapatkan nilai asymp.sig 0.000<0.05. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Flashcard terhadap pengetahuan Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Penelitian ini dapat di gunakan untuk upaya promotif meningkatkan pengetahuan Anak Sekolah Dasar terhadap Gizi Seimbang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:27
Last Modified: 07 Aug 2024 02:27
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item