Fatoni, Akhmad (2024) HUBUNGAN BULLYING DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA REMAJA. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Akhmad Fatoni.pdf Download (465kB) |
Abstract
Perilaku bullying adalah suatu demonstrasi kejahatan yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja oleh seseorang atau suatu kelompok, baik secara lisan maupun fisik. Bullying akan berdampak pada sulitnya menerima kondisi fisik akibat terus-menerus menyuarakan keluhan terhadap penampilannya dan terus-menerus mengalami kecemasan terhadap kondisi fisik yang dimiliki.Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dengan desain korelasional (hubungan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP kelas 7 yaitu sebesar 40 responden dengan metode total sampling. Analisis univariat distribusi frekuensi dan presentase, analisis bivariat Chi-Square dan koefisien kontingensi.Hampir seluruh responden (77,5%) mengalami bullying tinggi, untuk perkembangan emosional hampir seluruh responden (82,5%) mengalami perkembangan emosional rendah. Dari analisis Chi-Square didapatkan p (0,016) < α (0,05) artinya H0 ditolak dan nilai koefisien kontingensi sama dengan 0,357 artinya hubungan sedang. Ada hubungan yang sedang antara bullying dengan perkembangan emosional pada remaja.Perlu adanya upaya bagi para pendidik,wali dan masyarakat sekitar melalui pemahaman akan resiko bullying disekolah masing-masing sehingga mereka dapat menghindari dan sekaligus menjaga agar tidak terjadi tindakan pelecehan atau bullying
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:22 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |