Romdhani, Muhammad Nur (2024) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI DAN PEKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Muhammad Nur Romdhani.pdf Download (669kB) |
Abstract
Latar Belakang: Smartphone telah menjadi pilihan bagi orang dewasa dan juga anak-anak. Penggunaaan smartphone pada anak yang semakin tinggi berdampak positif dan negatif terhadap kesehatan dan tumbuh kembang anak seperti perkembangan emosi dan bahasa. Dampak negatif dapat dikarenakan kurangnya pengawasan dari orang tua saat anak menggunakan smartphone berupa isi, frekuensi, dan durasinya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunan smartphone dengan perkembangan emosi dan perkembangan bahasa pada anak usia prasekolah di RA Nurul Huda Plalangan Kalisat. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Diperoleh jumlah sampel 63, menggunakan total sampling, Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji statistik Spearman dengan program SPSS versi.26. Hasil: Intensitas penggunaan smartphone, sedang 63.5%, rendah 19.0%, tinggi 17.5%. Perkembangan emosi, mengalami masalah mental emosional 52.4% serta normal 47.6%. Perkembangan bahasa, sesuai 88.9% serta penyimpangan 11.1%. Nilai p-value (0,021) berarti Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan emosi. Nilai p-value (0,041) berarti Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan bahasa. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan penggunaan smartphone pada perkembangan emosi anak prasekolah adalah penggunaan kategori sedang dan perkembangan anak mengalami masalah mental emosional. Sedangkan penggunaan smartphone pada perkembangan bahasa anak prasekolah adalah penggunaan kategori sedang dan perkembangan anak sesuai. Upaya yang dapat diberikan untuk mencegah terjadinya kecanduan smartphone berupa pemberian edukasi kepada orang tua melalui parenting education bagaimana menjadi orang tua di era digital dan menjadi pendamping terbaik bagi anak saat menggunakan smartphone.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:54 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:54 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |