Junita, Wulan Dwi (2025) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR SISWA USIA 10-12 TAHUN DI MI NURUL HIDAYAH. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Wulan Dwi Junita.pdf Download (791kB) |
Abstract
Latar Belakang: Status gizi yang baik merupakan faktor penting dalam menunjang prestasi belajar siswa. Kekurangan gizi dapat menyebabkan lemah, cepat lelah, dan sakit, sehingga dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa. Di sisi lain, status gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa usia 10-12 tahun di MI Nurul Hidayah. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Usia 10-12 Thn Di Mi Nurul Hidayah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 responden dengan metode total sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner status gizi dan observasi terkait prestasi belajar siswa. Data diambil melalui pengisian kuesioner oleh siswa usia 10-12 tahun serta data akademik sekolah. Hasil: Status gizi responden sebagian besar (59,6%) adalah Status Gizi yang Baik, Prestasi Belajar responden (51,1%) adalah kategore prestasi Baik. Hasil analisis Chi-Square didapatkan p Vallue (0,005) ≤ (α) (0,05) artinya Ha diterima dan H0 ditolak dengan nilai Contingency Coefficient sebesar 0,378. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara status gizi dengan prestatsi belajar pada siswa usia 10-12 thn. siswa disarankan biasakan sarapan sebelum sekolah dan Pilih Makanan Bergizi Seimbang. Pembahasan: Semakin tinggi status gizi maka semakin tinggi pula prestasi belajar, dan sebaliknya. Oleh karena itu, intervensi keperawatan yang berfokus pada status gizi diperlukan untuk meningkatkakan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:28 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:28 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |