Bila, Silvia Salsa (2025) HUBUNGAN KETERGANTUNGAN PEMAKAIAN SKINCARE TERHADAP BODY IMAGE MAHASISWA. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Silvia.pdf Download (412kB) |
Abstract
Latar belakang : Mahasiswi perguruan tinggi termasuk dalam kelompok usia remaja yang biasanya mulai sibuk memikirkan dan merencanakan masa depannya, penggunaan skincare tidak hanya dilatarbelakangi oleh kebutuhan perawatan kulit, tetapi juga menjadi bagian dari upaya membentuk body image yang ideal sesuai standar sosial. Ketergantungan terhadap skincare dapat mencerminkan tingkat kepuasan atau ketidakpuasan individu terhadap penampilan fisiknya. Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ketergantungan skincare dengan body image pada mahasiswa Metode : Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah sample 165 responden yang direkrut menggunakan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuesioner ketergantungan pemakaian skincare dan kuesioner body image. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi- square. Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan mahasiswa terhadap skincare terdapat dengan kategori tinggi sebanyak 89,2%. Masa yang mengalamai body image dengan kategori negatif jumlahnya sama dengan tingkat ketergantungan yaitu 89,2% dan positif 10,8. Hasil uji chi square menunjukkan p vallue = (0,00) < α (0,05) maka Ha diterima yakni ada hubungan dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,415. yang artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat ketergantungan dengan body image. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan munculnya penelitian lain berkaitan dengan hubungan ketergantungan pemakaian skincare terhadap body image, selain itu penelitian ini juga bisa menjadi bahan edukasi kepada pengguna skincare dalam menggunakan skincare secara tepat berdasarkan pada kebutuhan permasalahan citra tubuh yang sedang dihadapi. Kesimpulan : Penelitian ini berfokus pada tingkat ketergangungan pemakaian skincare dengan body image. Arah korelasinya adalah negatif yang menunjukan bahwa semakin tinggi body image maka akan berdampak semakin tinggi pula perilaku konsumtif produk bermerek pada Mahasiswa sehingga menyebabkan ketergangungan yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:26 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |