Hadi, Syamsul (2025) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI DESA KARANGHARJO. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Syamsul.pdf Download (343kB) |
Abstract
Pendahuluan: Anak yang berusia 3-6 tahun merupakan usia yang di definisikan sebagai anak prasekolah. Rentang usia ini disebut sebagai golden age atau masa keemasan perkembangan seorang anak, dimana hampir 80% kapasitas kognitifnya telah tercapai. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (2021), lebih dari 40% anak Indonesia mengakses smartphone sebelum usia 6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan perkembangan emosi anak prasekolah di Desa Karangharjo. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel 69 anak dari 222 populasi yang diambil dengan rumus Slovin dan teknik simple random sampling. Instrumen: kuesioner intensitas penggunaan smarthphone dan KMME. Hasil: Sebanyak 59,4% anak memiliki intensitas penggunaan sedang, 21,7% tinggi. Perkembangan emosi sebagian besar sedang (50,7%), dan 20,3% buruk. Uji Spearman menunjukkan hubungan signifikan (p = 0,00). Kesimpulan: Mayoritas anak menggunakan smartphone melebihi batas IDAI. Terdapat hubungan signifikan antara intensitas penggunaan smartphone dan perkembangan emosi. Semakin tinggi intensitas penggunaan, semakin besar risiko hambatan emosi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:27 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:27 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |