Putri, Nevi Maulidia (2025) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KETERATURAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI SMK dr. SOEBANDI. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Nevi.pdf Download (622kB) |
Abstract
Latar Belakang: Status gizi mencerminkan kondisi tubuh berdasarkan asupan dan pemanfaatan zat gizi, yang umumnya terganggu akibat pola makan berlebih tanpa diimbangi aktivitas fisik. Menstruasi terjadi akibat tidak adanya pembuahan, sehingga lapisan dinding rahim luruh dan keluar sebagai darah. Tujuan: untuk mengetahui hungan status gizi dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri SMK dr. Soebandi. Metode: Desain korelasional bersifat cross sectional, menggunakan simple random sampling. Populasi dalam penilitian ini yaitu sebanyak 166 siswi dengan jumlah samplel 114 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan, kuesioner siklus menstruasi, kemudian data diolah dan dianalisis secara univariat distribusi frekuensi dan presentase, dan bivariat dengan uji chi-square dan uji koefisien korelasi. Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar remaja putri SMK dr. Soebandi memiliki status gizi yang normal yaitu sebanyak 45.6% dan memiliki siklus menstruasi teratur sebanyak 54.4%. Dari hasil uji statistik yang diperoleh, yaitu ρ value = 0,012, dimana nilai ρ value < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan status gizi dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri SMK dr. Soebandi. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri SMK dr. Soebandi Jember. Saran: Diharapkan siswi untuk memperhatikan pola makan yang dikonsumsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:23 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |