HUBUNGAN ANTARA PERAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU PACARAN PADA REMAJA DI SMA “X” JEMBER

Saifullah, Achmad Aziz (2025) HUBUNGAN ANTARA PERAN SEKOLAH DENGAN PERILAKU PACARAN PADA REMAJA DI SMA “X” JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Azis.pdf

Download (257kB)

Abstract

Latar belakang: Perilaku pacaran remaja saat ini lebih mengarah pada pacaran beresiko yang berdampak pada hal-hal yang negatif. Rasa ingin tahu remaja sangatlah besar. Dari itu peran sekolah sangatlah penting dalam fenomena perilaku pacaran pada remaja Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara peran sekolah dengan perilaku pacaran remaja. Metode: Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 121 siswa/i dengan jumlah sampel 93 siswa/i. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Variabel bebas pada penelitian yaitu peran sekolah dan variabel terikat yaitu perilaku pacaran. Dalam pengukuran 2 variabel ini menggunakan kuisioner peran sekolah dan perilaku pacaran. Analisa univariat dilakukan dengan distribusi frekuensi. Analisa bivariat menggunakan uji chi-square Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar peran sekolah dalam kategori baik, dengan presentase sebesar 72%. Selain itu Sebagian besar responden menunjukan perilaku perilaku pacaran yang tidak beresiko, yaitu 66%. Berdasarkan hasil uji chi-square, di peroleh nilai p (0,003) yang lebih kecil dari α (0,05), yang berarti hipotesis alternative diterima dan menunjukan adanya hubungan antara peran sekolah dan perilaku pacaran pada remaja di SMA “X” Jember. Kesimpulan: Peran sekolah yang baik cenderung mengarah pada perilaku pacaran yang tidak beresiko. Sebaiknya sekolah lebih memperhatikan remaja agar tidak terlibat dalam perilaku pacaran yang beresiko.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:28
Last Modified: 25 Jul 2025 06:28
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item