Safitri, Nila (2024) PEMBERIAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENURUNAN TINGKAT ANSIETAS ANAK DENGAN DHF (DENGUE HAEMORRHAGIC FEVER) DI RUANG IMAN RS BINA SEHAT JEMBER. Technical Report. Universitas dr. SOEBANDI, Jember.
![]() |
Text
Abstrak Nila Safitri.pdf Download (452kB) |
Abstract
Pendahuluan : Anak yang terkena penyakit DHF akan muncul gejala sakit kepala, pusing, demam, nyeri sendi dan otot dan gejala lainnya, hal tersebut anak membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk mengetahui kondisi lanjutnya dan menjalani proses perawatan di rumah sakit. Anak akan megalami beberapa kondisi yang berbeda di rumah sakit, diantaranya seperti ketakutan dengan situasi atau kegiatan di rumah sakit, dan stress atau tidak nyaman saat berada di rumah sakit. Tujuan penelitian : yaitu Menjelaskan terapi bermain puzzle terhadap penurunan tingkat ansietas anak dengan DHF Di Ruang Iman RS Bina Sehat Jember. Metode penelitian : ini menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu pasien anak yang mengalami ansietas dan diagnose medis DHF. Lokasi dan waktu penelitian ini dilakukan Di Ruang Iman (Ruang Rawat Inap Anak) RS Bina Sehat Jember pada tanggal 30 April 2024 – 08 Mei 2024. Hasil : Pada pnelitian ini ditemukan masalah Ansietas, intervensi keperawatan fokus pada terapi bermain puzzle dan implementasi dilakukan selama 3 hari. Intervensi yang dilakukan pada subjek penelitian dengan masalah keperawatan ansietas yaitu pemberian terapi bermain menggunakan puzzle. Kesimpulan : Terapi bermain puzzle dapat mengurangi tingkat anisetas atau stress hospitalisasi. Terapi bermain puzzle juga membutuhkan konsentrasi dan ketekunan untuk merangkai puzzle, sehingga anak dapat mengontrol emosi anak untuk belajar tenang.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 04:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:56 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |