Mulyanto, Endik Dwi (2024) HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN NILAI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS dr. SOEBANDI. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Endik Dwi Mulyanto.pdf Download (243kB) |
Abstract
Latar Belakang: Prevalensi terjadinya stres akademik pada mahasiswa di Indonesia mencapai 36,7 – 71,6%. Stres akademik terjadi ketika adanya penilaian individu terhapat hasil dari stresor akademik. Seorang mahasiswa akan selalu berusaha untuk mendapatkan nilai akademik yang baik untuk meningkatkan prestasinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan, didapatkan 10 mahasiswa memiliki nilai yang berada pada rentang rata-rata (2,76-3,50). Namun mereka juga menyatakan bahwa mereka merasa tertekan dengan lingkungannya. Tujuan: Mengidentifikasi adanya hubungan antara tingkat stress dengan nilai akademik pada mahasiswa semester VI di Universitas dr. Soebandi Jember. Metode: melakukan penelitian observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan di Universitas dr. Soebandi Jember pada bulan Agustus-September 2024. Penelitian dilakukan secara online dengan memberikan kuisioner dan melampirkan nilai akademik. Sampel diambil dengan cluster random sampling pada mahasiswa keperawatan Angkatan 2021. Hasil: Terdapat hubungan antara tingkat stress dengan nilai akademik pada mahasiswa Universitas dr. Soebandi Jember dengan koefisien korelasi atau kekuatan hubungan lemah. Pembahasan: Adanya hubungan antara Tingkat stress dengan nilai akademik dapat diakibatkan oleh adanya penyesuaian mahasiswa terhadap metode belajar dan jadwal kuliah yang berubah-ubah. Hal tersebut juga dapat disebabkan oleh adanya suatu tekanan yang di alami mahasiswa baik dari lingkungan internal atau eksternal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:04 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:04 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |