Rofii, Muhammad (2024) HUBUNGAN RESPONS TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UGD PUSKESMAS ARJASA KABUPATEN JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Muhammad Rofi'i.pdf Download (878kB) |
Abstract
Latar belakang: Respons time mewakili suatu bentuk kontrol kualitas layanan emergency medical services: semakin panjang waktu respons, semakin rendah kualitas layanan. Rendah kualitas layanan ini berdampak negatif karena tidak sesuai dengan harapan pasien sehingga berdampak pada kepuasan pasien Tujuan: mengidentifikas hubungan respons time dengan tingkat kepuasan pasien di UGD Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember Metode: design penelitian adalah korelasi cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien di UGD Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember. Sampel pada penelitian ini melibatkan 71 responden yang ditentukan menggunakan simple random sampling. Data diambil mengguakan dua instrument yakni observasi dan brief emergency department patient satisfaction scale (BEPSS). Data dianalisis menggunakan Spearman Rho Hasil: respons time di UGD Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember sebagian besar pada kategori cepat (62,0%). Sebagian besar berada pada kategori puas (54,9%). Hasil analisis menunjukkan ada hubungan respons time dengan tingkat kepuasan pasien di UGD (p value = 0,000; α = 0,05; r = 0,792) Kesimpulan: terbukti bahwa semakin pendek durasi respons time maka akan disertai dengan meningkatnya skor kepuasan. Hal ini menunjukkan bahwa respons time yang cepat merupakan variabel independen yang berkontribusi terhadap meningkatnya kepuasan pasien di unit gawat darurat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 05:33 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 05:33 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |