PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR DI SMPN 1 KALISAT

Indahsari, Retno Jinggan Nur (2024) PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR DI SMPN 1 KALISAT. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Retno Jinggan Nur Indahsari.pdf

Download (362kB)

Abstract

Latar Belakang: Luka bakar salah satu kejadian yang cukup sulit dihindari, khususnya pada kalangan anak-anak, ketidak mampuan anak-anak menghadapi tantangan dan menentukan suatu hal yang membahayakan. Penanganan luka bakar yang kurang tepat dapat merugikan penderita luka bakar seperti berpotensi infeksi. Di Indonesia, Luka bakar menempati peringkat kedua dari proporsi jenis cedera secara keseluruhan. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan menggunakan modul terhadap kemampuan pertolongan pertama luka bakar di SMPN 1 Kalisat. Metode: Desain Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pretest-posttest. Dengan pengambilan sampel dengan teknik random sampling. Dengan populasi sebanyak 192 dengan besar sampel sebanyak 66 siswa. Analisis penelitian menggunakan uji univariat dan bivariate Wilcoxon. Hasil: dari hasil analisi bivariat uji Wilcoxon didapat bahwa terdapat terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan menggunakan modul kemampuan pertolongan pertama luka bakar di smpn 1 kalisat dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Diskusi: Sekolah dapat menggunakan modul sebagai media pembelajaran dan pemberian informasi kepada seluruh siswa tentang pertolongan pertama luka bakar dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:48
Last Modified: 14 Aug 2024 02:48
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item