PENGARUH VIDEO EDUKASI BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA SISWA

Khoirunnisaa, Nabilla (2024) PENGARUH VIDEO EDUKASI BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA SISWA. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
abstrak Nabilla Khoirunnisaaa.pdf

Download (538kB)

Abstract

Pendahuluan: Pada era ini, sudah banyak sekali pemberitaan secara langsung maupun di media sosial terkait dengan bullying pada lingkungan institusi pendidikan. Kurangnya pengetahuan siswa tentang bullying dapat mengakibatkan ketidakmampuan mengidentifikasi tindakan-tindakan bullying serta terhambatnya lingkungan pembelajaran yang aman. Media audiovisual (video) dapat menjadi alat bantu untuk menyampaikan berbagai macam pengetahuan mengenai bullying pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video edukasi bullying terhadap pengetahuan tentang bullying pada siswa. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian pra-eksperimental yang mengadopsi desain one group pre-post test. Peneliti menerapkan teknik probabilitas sampling, khususnya menggunakan proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh responden, dan analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: hasil menunjukan bahwa sebelum diberikan video edukasi bullying, sebanyak 34 siswa (71%) berpengetahuan cukup, dan setelah diberikan video edukasi bullying pada siswa mayoritas berpengetahuan baik yaitu sebanyak 48 responden (100%). Diskusi: berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa video edukasi berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang bullying dengan p value= 0,000 (<0,05). Media pembelajaran video edukasi ini diharapkan dapat menjadi media dalam pendidikan kesehatan mental melalui guru bimbingan konseling agar dapat meningkatkan pengetahuan khususnya mengenai bullying.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:43
Last Modified: 08 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item