HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT III PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS dr. SOEBANDI

Ramadhani, Dewi Qomariah Nurul (2024) HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKAT III PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS dr. SOEBANDI. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Dewi Qomariah Nurul Ramadhani.pdf

Download (335kB)

Abstract

Latar Belakang: Dismenore merupakan gangguan nyeri panggul saat menstruasi berlangsung dengan gejala penyerta yakni pusing, nyeri kepala, mual, muntah, dan lain-lain. Kerugian yang dialami bila dismenore tidak ditangani dengan baik yakni menurunnya aktivitas belajar. Prevalensi terjadinya dismenore di Indonesia sebanyak 55%. Penelitian terdahulu menyebutkan saat dismenore banyak mahasiswa yang tidak fokus di kelas dan menurunkan aktivitas belajar. Hal tersebut juga dialami pada Mahasiswa Tingkat III Program Studi Kebidanan Program Sarjana Universitas dr. Soebandi Jember saat studi pendahuluan didapatkan 10 dari 10 mahasiswa mengalami dismenore. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dismenore dengan Aktivitas Belajar pada Mahasiswa Tingkat III Program Studi Kebidanan Program Sarjana Universitas dr. Soebandi. Metode: Metode penelitian analisis korelasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini yakni seluruh Mahasiswa Tingkat III Program Studi Kebidanan Program Sarjana Universitas dr. Soebandi sejumlah 58 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Simple Random. Sampling didapatkan jumlah sebanyak 51 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Hasil data diperoleh kemudian ditabulasi dan diuji menggunakan Pearson Correlation. Hasil: Hasil penelitian didapatkan seluruh responden (51 mahasiswa) mengalami disemnore primer dan 34 mahasiswa di antaranya mengalami gangguan belajar kemudian hasil data tersebut dilakukan analisa dengan menggunakan Pearson Correlation dengan hasil ϼ value (0.026). Sehingga dapat disemupulkan ada hubungan signifikan antara disemenore dengan aktivitas belajar pada Mahasiswa Tingkat III Program Studi Kebidanan Program Sarjana Universitas dr. Soebandi. Kesimpulan: Dalam penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar dipengaruhi oleh dismenore. Upaya yang dapat dilakukan yakni dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi dengan kadar lemak rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:42
Last Modified: 06 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item