Martatinarsih, Martatinarsih (2024) HUBUNGAN PELAKSANAAN PENERIMAAN PASIEN BARU DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS JENGGAWAH. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Martatinarsih.pdf Download (330kB) |
Abstract
Latar Belakang: ketidak puasan pasien pada saat penerimaan pasien baru terjadi penurunan kepuasan karena Perawat kurang melakukan Tindakan sesuai standar operasional prosedur. Jika prosedur ini tidak dilakukan sesuai standar, kemungkinan besar dapat menurunkan tingkat kepuasan pasien. Pasien yang puas cenderung akan terus menggunakan layanan tersebut, sedangkan pasien yang tidak puas lebih mungkin menceritakan pengalaman buruk mereka kepada orang lain dua kali lebih banyak. Salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan pasien adalah proses penerimaan pasien baru. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pelaksanaan penerimaan pasien baru dengan tingkat kepuasan pasien di puskesmas. Metode: penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebagian pasien rawat inap dipuskesmas Jenggawah dengan sampel 72 Responden populasi 90 responden. Sampel di ambil dengan tehnik simple random sampling. Analisa data dengan uji rank spearman. Variabel independen penerimaan pasien baru dan variabel dependen kepuasan pasien. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas jenggawah dengan menggunakan cheklis penerimaan pasien baru dan kuesioner kepuasan yang telah diuji validitas dan uji reabilitas. Hasil: Penelitian menyatakan kepuasan pasien Sebagian besar menyatakan sangat puas 23 responden (31,9%),penerimaan pasien baru Sebagian besar dalam kategori observasi baik 40 responden (55,6%) dan terdapat hubungan yang signifikan antara penerimaan pasien baru dengan Tingkat kepuasan pasien dipuskesmas jenggawah, p-value = 0,001 (r=0,386). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penerimaan pasien baru dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Jenggawah, Hubungan ini menunjukkan adanya keterkaitan yang cukup antara kedua variabel tersebut. Oleh karena itu, disarankan agar dapat melaksanakan penerimaan pasien baru sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Ini akan memungkinkan pasien dan keluarga dapat memberikan nilai kepuasan yang baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 09:24 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 09:24 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |