Nisak, Indi Khoirun (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Indi Khoirun Nisak.pdf Download (265kB) |
Abstract
Bullying masih menjadi masalah serius bagi remaja karena berdampak bagi pelaku maupun korbannya. Perilaku bullying terjadi karena beberapa faktor salah satunya kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional penting untuk mengubah emosi negatif menjadi positif. Kecerdasan emosional dibutuhkan untuk mengendalikan perilaku negatif yaitu bullying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional dan perilaku bullying yang dilakukan oleh remaja. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian ini 240 siswa, dengan 138 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kuesioner yang digunakan adalah kecerdasan emosional dan perilaku bullying yang sudah valid dan reliabel. Analisis data yang digunakan uji Rank-Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68 responden (49,3%) memiliki kecerdasan emosional rendah dan 61 responden (44,2%) memiliki perilaku bullying tinggi. Nilai koefisien korelasi -,513 dan p-value sebesar 0,001. Sehingga terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying pada remaja di SMPN 6 Jember. Kecerdasan emosional adalah faktor yang dapat mempengaruhi perilaku bullying. Perlu adanya penganganan serta penyuluhan dari pihak sekolah untuk meningkatkan kecerdasan emosional serta mengurangi perilaku bullying pada remaja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:23 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:23 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |