ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BONDOWOSO

Oktaviona, Faniesa Ghiffaril (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BONDOWOSO. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Faniesa Ghiffaril Oktaviona.pdf

Download (763kB)

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu untuk mengukur tingkat pelayanan. Didapatkan survei pelayanan tingkat kepuasan pasien pelayanan kefarmasian (2020) yaitu 90%, hasil tersebut tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan RI (95%), hal ini disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kualitas pelayanan. Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Bondowoso. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan 2 kuesioner yaitu kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien yang berjumlah 50 orang dengan menggunakan tekhnik sampling non probaility yaitu quota sampling. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan uji regresi linear sederhana. Hasil: Pada hasil penelitian karakteristik didapatkan jenis kelamin perempuan paling tertinggi yaitu 32 orang, responden usia yang paling tinggi adalah 26 45 tahun sejumlah 40 responden, tingkat pendidikan paling tinggi yaitu SMA sejumlah 22 responden, dan pekerjaan paling tinggi adalah wiraswasta sejumlah 20 responden. Dari hasil kuesioner tingkat kualitas pelayanan didapatkan hasil sangat baik dan pada kuesioner tingkat kepuasan pasien didapatkan hasil sangat puas. Terdapat pengaruh anatara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 42,8%. Dari hasil uji regresi linear sederhana didapatkan pv=0,000 (<0,05). Kesimpulan: Terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Semakin baik kualitas pelayanan, maka pasien akan semakin puas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:26
Last Modified: 31 Jul 2024 08:26
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item