Syahira, Umi and Handayani, Yuni (2023) PENGARUH HEALTH EDUCATION DENGAN METODE STRATAGEM TERHADAP PENGETAHUAN PERAWATAN ORGAN REPRODUKSI SAAT MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMP MUHAMMADIYAH 6 WULUHAN. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
19050042 Umi Syahira.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendahuluan : Perawatan organ reproduksi saat menstruasi yang buruk menyebabkan seorang remaja berisiko 1,4 sampai dengan 25,07 kali terkena infeksi saluran reproduksi. Salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi di kalangan remaja adalah kurangnya pengetahuan perawatan organ reproduksi saat menstruasi. Metode : Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel penelitian 42 responden dengan teknik total sampling. Hasil : Hasil pengetahuan perawatan organ reproduksi saat menstruasi sebelum diberikan health education dengan metode stratagem hampir setengah pengetahuan siswi dalam kategori Kurang sebanyak 20 siswi (47,7%), sedangkan hasil pengetahuan perawatan organ reproduksi saat menstruasi sesudah diberikan health education dengan metode stratagem hampir seluruh pengetahuan siswi dalam kategori Baik sebanyak 36 responden (85,8%). Analisis : Hasil Uji Wilcoxon Test didapatkan nilai p value = 0,000 maka p value ≤ α (0,05). Diskusi : Terdapat perbedaan pengetahuan perawatan organ reproduksi saat menstruasi pada remaja putri di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan sebelum dan sesudah diberikan health education dengan metode stratagem sehingga diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi dasar pemahaman dan pengetahuan untuk mendukung dalam penerapan perilaku hidup yang sehat terutama di kalangan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:24 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:24 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |