Mutamimah, Nur Anisa and Wirasakti, Guruh (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KETERAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA SINKOP PADA PALANG MERAH REMAJA DI SMPN 2 AMBULU JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
19010114 Nur Anisa Mutamimah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendahuluan : kejadian sinkop pada siswa disekolah dapat terjadi sewaktu – waktu. angota palang merah remaja harus menguasi pengetahuan dan keterampilan penanganan sinkop agar mampu memberikan pertolongan pertama yang cepat dan tepat pada siswa siswi yang mengalami sinkop disekolah.. Tujuan: mengetahui keeratan Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa Anggota Palang Merah Remaja Dengan Keterampilan Pertolongan Pertama Sinkop Di SMPN 2 Ambulu. Metode Penelitian:desain penelitian korelasional dengan pendekatan crossectional. Populasi Anggota PMR Di SMPN 2 Ambulu, dengan sampel 40 responden dengan teknik total populasi dan menggunakan alat ukur kuesioner dan lembar ceklist. Analisis Spearman RankTest. Hasil penelitian : menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa tentang sinkop hampir seluruhnya (80%)pada kategori baik dan keterampilan pertolongan pertama pada sinkop hampir seluruhnya (77.5%)kategori baik dan. Spearman RankTest didapat p value (0,00) ≤ α (0,05)dengan nilai korelasi = 0.928 artinya hubungan sangat kuat sehingga disimpulkan terdapat Hubungan yang sangat kuat antara Tingkat Pengetahuan Dengan Keterampilan Pertolongan Pertama Sinkop Pada Anggota Palang Merah Remaja Di SMPN 2 Ambulu. Diskusi : hampir 93 % ketrampilan seseorang pmr di pengaruhi pengetahuan , ketrampilan penanganan pertolongan pertama sinkop yang baik dan benar akan membuat prognosa lebih baik dan mencegah risiko kematian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:13 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |