HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BALADHIKA HUSADA JEMBER

Hasanah, Khofiatul and Putri, Prestasianita (2023) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT BALADHIKA HUSADA JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
19010187 Khofiatul Hasanah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan parameter penting, berdasarkan standar dirumah sakit bahwa kepuasan merupakan suatu bentuk dari mutu pelayanan. Beberapa pasien masih merasa tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Ketidakpuasan pasien disebabkan oleh kurangnya perilaku caring perawat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Baladhika Husada Jember. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang dirawat diruang Mawar, Flamboyan dan Nusa Indah selama 2 minggu yaitu sebanyak 150 pasien dan didapatkan sampel sebanyak 109 responden. Sampel penelitian ini menggunakan Non Probabilty dengan teknik accidental sampling. Data diolah dengan menggunakan analisa univariat dan analisa bivariate. Uji statistik menggunakan Uji Spearman rank. Hasil penelitian perilaku caring perawat dikatakan baik sebesar 83,5%, cukup 11% dan kurang sebesar 5,5% sedangkan untuk kepuasan pasien yang merasa puas 86,2% dan tidak puas sebesar 13,8%. Pada spearman rank diperoleh P value 0,000 dengan α 0,05 Hasil ini menunjukkan terdapat hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Baladhika Husada Jember.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:49
Last Modified: 18 Aug 2023 03:49
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item