Gepse, Mei Marice (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN RASIONALITAS PENGGUNAAN OBAT PARASETAMOL SWAMEDIKASI DI KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
18040059 Mei Marice Gepse.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang : Swamedikasi atau Pengobatan sendiri merupakan salah satu upaya yang sering dilakukan oleh seseorang dalam mengobati gejala sakit atau penyakit yang sedang dideritanya tanpa terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter . Obat yang paling banyak digunakan dalam swamedikasi adalah parsetamol. Berdasarkan data yang diperoleh sebagian besar (60%) responden masih belum mampu memahami dalam penggunaan obat parasetamol dalam swamedikasi. Tujuan : Menganalisis hubungan tingkat pengetahuan dengan rasionalitas penggunaan obat parasetamol swamedikasi di Kelurahan Sumbersari, Kabupaten jember . Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional . Jumlah sampel adalah 58 responden pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup dan terbuka. Hasil Penelitian : Sebagian besar (70%) responden memiliki tingkat pengetahuan yang cukup baik tentang obat parasetamol dalam swamedikasi. Hampir sebagian besar (70,7%) responden rasional dalam menggunakan obat parasetamol secara swamedikasi. Hasil analisis menggunakan korelasi rank spearmen didapatkan nilai r hitung sebesar 0,050 dengan nilai signifikan ( P Value) sebesar 0,710 > 0,05. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara hubungan tingkat pengetahuan dengan rasionalitas penggunaan obat parasetamol swamedikasi di Kelurahan Sumbersari, Kabupaten Jember .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 06:36 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 06:36 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |