Wulandari, Rizky Retno (2021) METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT STRESS MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
17010035 Rizky Retno Wulandari.pdf Download (15MB) |
Abstract
Wabah Covid-19 yang berasal dari Wuhan, Cina pada akhir tahun 2019 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO karena penyebarannya hingga keseluruh dunia termasuk Indonesia. Segala aktivitas yang menimbulkan kerumunan harus dihindari, sehingga pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) untuk menekan penyebaran virus. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Pencarian database menggunakan Google Scholar dan Pubmed tahun 2019-2021, seleksi format PEOS yang sesuai menggunakan 5 artikel dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran daring dan tingkat stres terhadap mahasiswa dari 5 artikel menunjukkan rata-rata mahasiswa menilai metode pembelajaran daring dengan konferensi video tidak efektif sebanyak 4 artikel (80%) dikarenakan banyaknya hambatan yang dialami oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. Tingkat stres mahasiswa selama pembelajaran daring dari 5 artikel menunjukkan kategori stres berat sebanyak 4 artikel (80%), hal ini disebabkan oleh kesulitan memahami materi secara daring. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara pembelajaran daring terhadap tingkat stres mahasiswa selama pandemi Covid-19, diharapkan kepada tim pengajar untuk memberikan metode pembelajaran daring yang efektif dan tidak menimbulkan stres bagi mahasiswa, misalnya dengan menggunakan media WhatsApp yang hemat kuota.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 06:14 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:14 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/69 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |