Kade, Kade (2022) HUBUNGAN RESPON TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
20010195 Kade.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendahuluan: Instalasi gawat darurat dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada pasien sejak datang sampai mendapat pelayanan yang dikenal dengan respons time. Terselenggaranya pelayanan yang cepat, responsif dan mampu menyelamatkan pasien gawat darurat merupakan salah stau bentuk capaian indikator mutu layanan. Tinjauan ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan respon time dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat. Metode: Desain penelitian adalah Literatur review. Database menggunakan google scholar, PubMed, Elsevier dengan pendekatan PEOS framework. Enam artikel publikasi 2018-2021 teridentifikasi sesuai kriteria. Hasil: lima dari enam artikel menyatakan bahwa response time pada pelayanan instalasi gawat darurat adalah cepat dan diketahui pula mayoritas partisipan puas terhadap pelayanan perawat di instalasi gawat darurat. Analisis: response time lambat dikaitkan dengan ketidakpuasan sedangkan respons time cepat dikaitkan dengan peningkatan kepuasan dimana response time cepat berimplikasi terhadap 5-8 kali meningkatkan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat. Diskusi: sistem pelayanan kegawatdaruratan dirumah sakit harus menetapkan evaluasi kinerjanya berdasarkan tingkat pencapaian respon yang cepat. Sehingga, secara berkala perlu mengadakan dan meningkatkan pelatihan bagi perawat dalam upaya pengelolaan gawat darurat serta bagi instansi diharapkan mengoptimalkan penyediaan sarana gawat darurat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 19 Nov 2022 07:11 |
Last Modified: | 19 Nov 2022 07:11 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |