Prawiro, Aprelio Andre (2022) PENGARUH GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
17010135 Aprelio Andre Prawiro.pdf Download (10MB) |
Abstract
Latar Belakang: Gadget merupakan suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus dan praktik dalam penggunaannya. Gadget telah menciptakan perubahan begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang, serta memberikan dampak sangat besar pada nilai-nilai kebudayaan, minat belajar, perilaku sosial dan psikologis seseorang (Chusna, 2017). Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial dan minat belajar siswa SD berdasarkan studi literature. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan Studi Literatur Review dengan desain penelitian Korelasional dengan pendekatan Crossectional dan Case Controlmetode pengumpulan artikel meggunakan database Google Scholar. Hasil: Dari ke 5 artikel didapatkan bahwa 3 artikel tentang pengaruh gadget terhadap perilaku sosial siswa menunjukkan nilai signifikan rata-rata ketiga jurnal sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya menunjukkan bahwa perilaku sosial siwa sangat dipengaruhi oleh pemakaian gadget secara signifikan. Dan 2 artikel tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai uji korelasi berada diantara 0.70 – 0.90 yang termasuk dalam artian taraf tinggi, yang memiliki artian bahwa penggunaan gadget tidak memiliki pengaruh negatif terhadap minat belajar siswa. Diskusi: Hasil literature review ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku sosial siswa dan tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 05:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 05:27 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |