HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA PELAJAR

Tresnillahiningsih, Sian Noviana (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA SYNCOPE PADA PELAJAR. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
18010138 Sian Noviana Tresnillahiningsih.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendahuluan: Syncope adalah suatu kehilangan kesadaran sesaat akibat hipoperfusi serebral global yang ditandai dengan onset (kejadian) yang cepat, jangka waktu pendek, dan recovery penuh secara spontan. Angka kejadian syncope sering terjadi pada umur 15-19 tahun atau lebih sering pada wanita daripada laki-laki. Metode: desain penelitian ini menggunakan literature review. Pencarian menggunakan data base google schoolar dan semantic scholar artikel tahun 2017-2021, didapatkan lima artikel yang sesuai melalui analisis tujuan, kriteria inklusi, eksklusi dan hasil dari setiap artikel. Artikel dianalisis menggunakan metode analisa PEOS (Population Exposure, Outcome dan Study). Analisis: untuk menganalisis hubungan tingkat pengetahuan terhadap tindakan pertolongan pertama syncope pada pelajar. Hasil: Tingkat pengetahuan dan tindakan pertolongan pertama syncope pada pelajar didapatkan 5 artikel menunjukkan 4 artikel baik dan 1 artikel kurang baik sedangkan 4 benar dan 1 kurang benar. Kesimpulan: hasil dari 5 artikel yang telah direview, menyebutkan 4 artikel adanya hubungan tingkat pengetahuan terhadap pertolongan pertama syncope pada pelajar dikarenakan nilai p value <0,05 sedangkan 1 artikel tidak ada hubungan dikarenakan uji somer’s dengan p value 0,679(<0,1). Saran: diharapkan kepada pelajar agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti kegiatan pendidikan kesehatan oleh tenaga kesehatan maupun media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2022 05:33
Last Modified: 13 Nov 2022 05:33
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item