HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN BERDASARKAN 3S (SDKI, SLKI, SIKI) PADA MAHASISWA NERS DI UNIVERSITAS dr. SOEBANDI JEMBER

Putri, Mulyaning Rahayu (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN BERDASARKAN 3S (SDKI, SLKI, SIKI) PADA MAHASISWA NERS DI UNIVERSITAS dr. SOEBANDI JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
18010173 Mulyaning Rahayu Putri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Dokumentasi asuhan keperawatan merupakan bukti pencatatan dan pelaporan untuk melakukan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnose, intervensi, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan data yang diperoleh sebagian besar 70% belum mampu memahami penerapan pendokumentasian asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI). Faktor yang mempengaruhi dokumentasi asuhan keperawatan salah satunya adalah motivasi belajar. Tujuan: Menganalisa hubungan motivasi belajar dengan kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada mahasiswa ners di Universitas dr.Soebandi Jember. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ners di Universitas dr. Soebandi Jember. Sampel penelitian sebanyak 39 responden diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil: Motivasi belajar sebagian besar dalam kategori tinggi (64,10%), motivasi belajar sebagian kecil dalam kategori sedang (15,40%), motivasi belajar sebagian kecil dalam kategori rendah (20,50%), hampir seluruhnya dalam kategori kompeten (79,50%), sebagian kecil dalam kategori tidak kompeten (20,50%). Uji statistic menggunakan uji analisis Rank Spearman p value < 0,05 (0,048 < 0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada mahasiswa ners di Universitas dr.Soebandi Jember (p value = 0,048). Motivasi belajar tinggi dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan pada mahasiswa ners untuk tetap dipertahankan dan motivasi belajar rendah pada mahasiswa ners harus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:42
Last Modified: 27 Sep 2022 06:42
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item