Fatimah, Siti (2022) HUBUNGAN BIMBINGAN FASILITATOR DENGAN KEMAMPUAN MENDOKUMENTASIKAN ASUHAN KEPERAWATAN BERDASARKAN 3S (SDKI, SLKI, SIKI) PADA MAHASISWA NERS DI UNIVERSITAS dr. SOEBANDI JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
18010135 Siti Fatimah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Dokumentasi asuhan keperawatan merupakan bagian dari proses asuhan keperawatan yang dilakukan dengan cara mencatat proses keperawatan. Dalam pendokumentasian asuhan keperawatan dibutuhkan kemampuan yang cukup oleh mahasiswa keperawatan. Salah satu faktor kemampuan yaitu bimbingan fasilitator. Proses bimbingan sangat dibutuhkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan. Berdasarkan studi pendahuluan yang sudah dilakukan melalui metode wawancara, 70% mahasiswa ners di Universitas dr. Soebandi Jember masih belum mampu memahami penerapan dokumentasi asuhan keperawatan. Tujuan: Menganalisis hubungan bimbingan fasilitator dengan kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada mahasiswa ners di Universitas dr. Soebandi Jember. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ners sebanyak 106 di Universitas dr. Soebandi Jember. Sampel penelitian sebanyak 32 diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner bimbingan fasilitator dan kuesioner dokumentasi asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI). Uji statistik menggunakan uji analisis korelasi Rank Spearman. Hasil: Bimbingan fasilitator tentang dokumentasi asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) sebagian besar dalam kategori baik sebanyak (81,3%), kategori kurang sebanyak (18,8%). Kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada mahasiswa ners sebagian besar dalam kategori kompeten sebanyak (87,5%), kategori tidak kompeten sebanyak (12,5%). Hasil analisis korelasi Rank Spearman didapatkan nilai p value 0,002 yang mengindikasikan bahwa terdapat hubungan. Kesimpulan: Proses bimbingan fasilitator yang baik akan mempengaruhi kemampuan mendokumentasikan asuhan keperawatan berdasarkan 3S (SDKI, SLKI, SIKI) pada mahasiswa ners menjadi kompeten.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:26 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |