Fatimah, Fatimah (2022) HUBUNGAN PERILAKU CARING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
18010028 Fatimah.pdf Download (20MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. kepuasan pasien dirumah sakit tergantung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pihak tenaga kesehatan yang berhubungan dengan perilaku caring tersebut. Prevalensi di Indonesia sendiri caring menjadi salah satu penilaian bagi para pengguna pelayanan kesehatan.Berdasarkan hasil survey kepuasaan pasien yang dilakukan oleh Kemenkes RI pada beberapa rumah sakit dijakarta menunjukkan bahwa 14% pasien tidak puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan, disebabkan karena perilaku caring kurang baik. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan literature review . Pencarian artikel menggunakan Pubmed dan google scholar, artikel tahun 2017-2021 yang telah dilakukan proses seleksi menggunakan PEOS dengan kriteria inklusi pasien di rumah sakit. Hasil analisis menyatakan 6 artikel dengan perilaku caring pada kategori baik, 1 artikel dengan perilaku caring kategori tidak baik. Tingkat kepuasan pasien di rumah sakit menunjukan 6 arikel adalah dalam kategori puas, dan 1 artikel menunjukan tingkat kepuasan tidak puas. Kesimpulan yang di dapat menunjukkan bahwa nilai P-value < 0,05, artinya dari keseluruhan artikel terdapat Hubungan Perilaku Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. Saran meningkatkan kepuasan pasien dapat dilakukan memberikan perilaku caring atau sikap perduli terhadap pasien, sehingga pasien merasa nyaman dan puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 07:22 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 07:22 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |