Aisyah, Adelia Nuna (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA ANAK USIA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
18010083 Adelia Nuna Aisyah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada bulan Maret 2020, WHO menetapkan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai kasus pandemi. Pandemi covid-19 menjadikan kegiatan sekolah dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh. Kendala dan hambatan terutama pada orang tua anak usia sekolah yang harus menjalankan peran ganda, dapat meningkatkan stres pada orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh dengan tingkat stres orang tua anak usia sekolah pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan retrospektif, alat ukur dalam penelitian menggunakan kuesioner pendampingan pembelajaran jarak jauh dan kuesioner PSS (Perceived Stres Scale) - 10. Penelitian ini dilakukan di SDN Tekung 01 sampel sebanyak 56 responden menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan Purposive Sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan keseluruhan 56 responden (100%) ikut serta dalam pembelajaran jarak jauh. Sedangkan untuk tingkat stres orang tua, sebanyak 30 responden (60%) mengalami tingkat stres sedang. Berdasarkan analisa bivariate didapatkan p-value 0,000 dengan korelasi kuat (0.821). Ada hubungan pembelajaran jarak jauh dengan tingkat stres orang tua anak usia sekolah pada masa pandemi covid-19. Bagi ibu yang mengalami stres dapat mengelola manajemen stres dan mampu menerapkan strategi coping sehingga dapat mengurangi stres selama mendampingi putra/putrinya secara pemeblajaran jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 07:07 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 07:07 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |