Rahim, Indah Permatasari (2025) EFEKTIVITAS TERAPI MINDFULNESS DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS dr. SOEBANDI. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Indah.pdf Download (361kB) |
Abstract
Latar Belakang: Mahasiswa tahun pertama rentan mengalami stres akademik akibat beban tugas, tekanan berprestasi, dan adaptasi lingkungan baru. Terapi mindfulness dapat membantu mengurangi stres ini dengan mengajarkan kesadaran penuh terhadap kondisi saat ini secara ikhlas tanpa reaksi berlebihan. Tujuan: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas terapi mindfulness dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa tahun pertama program studi ilmu keperawatan Universitas dr. Soebandi Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 216 mahasiswa tahun pertama program studi ilmu keperawatan dengan jumlah Sampel yang digunakan adalah 68 responden dengan teknik probability sampling yaitu proporsional random sampling. Kriteria inklusi meliputi mahasiswa tahun pertama yang bersedia mengikuti intervensi, sementara eksklusi mencakup mahasiswa yang sakit atau mengundurkan diri. Instrumen pengukuran menggunakan kuesioner Perceived Sources of Academic Stress (PSAS) dan panduan terapi mindfulness terstruktur. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mc nemar. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan terapi mindfulness, sebagian besar mahasiswa mengalami stres akademik pada tingkat sedang, yaitu sebanyak 44 (64,7%) Mahasiswa. Setelah diberikan terapi mindfulness, terjadi penurunan tingkat stres akademik, di mana sebanyak 45 (66,2%) mahasiswa berada dalam kategori stres akademik ringan. Hasil uji Mc nemar menunjukkan nilai p = 0,000, yang berarti terapi mindfulness efektif menurunkan stres akademik pada mahasiswa tahun pertama Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas dr. Soebandi. Kesimpulan: penelitian ini mengindikasikan bahwa terapi mindfulness secara signifikan efektif dalam menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa tahun pertama, serta berkontribusi positif terhadap regulasi emosi, konsentrasi, dan adaptasi terhadap tekanan akademik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 08:59 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 08:59 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/2271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |