Aini, Nur (2024) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE (MOBILE LEGEND DAN PUBG) DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA : LITERATUR REVIEW. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Nur Aini.pdf Download (305kB) |
Abstract
Pendahuluan: Game online mempunyai kecenderungan membuat para pemainnya keasyikan di depan gadget sampai melupakan waktu bahkan bisa melupakan tugas, pekerjaan dan termasuk makan dan minum, melihat bahwa sebagian besar game online hampir selalu berdampak negatif baik secara sosial, psikis, dan fisik sehingga menyebabkan munculnya kecanduan bermain permainan online. Game adalah media yang sangat potensial yang memberikan hiburan tapi juga membuat orang terpengaruh atau kecanduan, ini dikarenakan otak remaja mengalami social learning theory yang menyatakan bahwa memainkan video games yang agresif, akan menstimulasi prilaku agresif karena remaja akan meniru apa yang mereka lihat pada layar saat bermain video games mulai dari tindakan-tindakan fisik yang sederhana, hingga sikap, pandangan, dan nilai serta norma, baik ke arah positif maupun negatif, di sengaja ataupun tidak. Meningkatnya game adegan konten kekerasan melahirkan kecaman akan pengaruh negatif bagi pemainnya khususnya remaja. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan bermain game online yaitu dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari dengan jelas, mulai dari bangun tidur, sekolah, sholat, mengerjakan tugas, dan tidur kembali serta menjalin komunikasi interpersonal agar anak dapat terbuka dengan orang tua, memberikan batasan waktu tertentu untuk bermain handphone dan mengajarkan anak untuk bertanggungjawab dengan apa yang dilakukan. Metode:. Penelitian ini merupakan literature review, dimana data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang bukan diperoleh dari pengamatan langsung, akan tetapi diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. Pencarian sumber data sekunder dilakukan pada bulan Agustus – September 2020 berupa artikel atau jurnal nasional dan jurnal internasional yang menggunakan pubmad dan Google Scholar. Hasil: Berdasarkan hasil literature review dari enam artikel, kecanduan game online Mobile Legend dan PUBG dengan perilaku agresif pada remaja menunjukkan bahwa hasil uji statistik p value <0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online Mobile Legend dan PUBG dengan perilaku agresif. Kesimpulan: Berdasarkan hasil literature review dari enam artikel dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif pada remaja dan hasil uji statistik menunjukkan bahwa p value <0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif. Diskusi: Berdasarkan hasil literature review dari enam artikel dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif pada remaja dan hasil uji statistik menunjukkan bahwa p value <0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dalam bentuk penelitian secara langsung dengan responden yang lebih banyak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:05 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |