HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT STRES DI ERA COVID-19 PADA MAHASISWA

Maulana, Dendy Harda (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN TINGKAT STRES DI ERA COVID-19 PADA MAHASISWA. Other thesis, UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.

[img] Text
17010175 Dendy Harda Maulana.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendahuluan: Masalah yang terjadi saat ini yaitu adanya pandemi COVID-19. Sejak terjadi pandemi COVID-19 pembelajaran dilakukan dirumah secara daring. Perubahan yang terjadi secara tiba-tiba ini tentu dapat menimbulkan stres tersediri bagi mahasiswa. Prevalensi mahasiswa mengalami stres sedang (38,57%), mengalami stress berat (28,57%), dan stress ringan (32,86%). Perlu usaha untuk mereduksi stres dengan melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan di dalam rumah yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Tujuan Literature Review menganalisis hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres di era covid-19 pada mahasiswa. Metode: Desain penelitian ini literature review. Pencarian database menggunakan Google Scholar artikel tahun 2016-2021 yang telah dilakukan proses seleksi menggunakan format PICOS dengan kriteria inklusi dan mendapat lima artikel yang sesuai. Hasil: Hasil analisis didapatkan pembelajaran daring dari lima artikel, satu artikel rata-rata berada pada kategori pembelajaran daring efektif (56,1%) satu artikel lainnya rata-rata pembelajaran daring tidak efektif (66%) dan tiga artikel rata-rata pembelajaran daring sedang (50,44-75%). Sedangkan tingkat stress dari kelima artikel didapatkan satu artikel menunjukkan tingkat stress kategori ringan (56,1%), satu artikel menunjukkan tingkat stress kategori berat (80%) dan tiga artikel lainnya menunjukkan tingkat stress berada pada kategori sedang (55,75%-75%). Kesimpulan: Hasil dari kelima artikel secara keseluruhan menuliskan P Value < 0.05 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stress di era covid-19 pada mahasiswa. Diskusi: Untuk mengurangi stress saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19 mahasiswa atau peserta didik bisa melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan di dalam rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2021 06:29
Last Modified: 08 Dec 2021 06:29
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item