Kristin, Dhea Meri (2024) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF MERONCE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TK DHARMA WANITA DESA NGUTER KABUPATEN LUMAJANG. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
ABSTRAK DHEA MERI KRISTIN.pdf Download (343kB) |
Abstract
Latar Belakang: Alat permainan edukatif meronce merupakan suatu kegiatan yang dapat merangkai manik-manik menjadi kesatuan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, seperti berdasarkan warna, bentuk manik-manik, atau jumlahnya. Kegiatan meronce juga dapat merangsang perkembangan motorik halus. Salah satu permasalahan yang terjadi pada anak pra sekolah adalah kendala dalam perkembangan motorik halus berupa hambatan dalam berkonsentrasi, mudah beralih, cepat merasa bosan, jari-jemari belum kuat dalam mengambil benda, atau lemahnya sebuah kerjasama antar indra penglihatan dan indera peraba. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang pada tahun 2023, sekitar 25% anak prasekolah di Lumajang mengalami permasalahan mengenai perkembangan motorik halus. Seorang anak yang kurang mendapat rangsangan atau kurangnya stimulasi sehingga anak tersebut perkembangan motoriknya akan lambat. Stimulasi yang dapat diberikan untuk mengembangkan motorik halus anak salah satunya dengan kegiatan meronce dapat menstimulasi ketangkasan pada saat menggunakan jari jemari. Tujuan: Untuk menganalisis pengaruh stimulasi alat permainan edukatif meronce tehadap perkembangan anak pra sekolah di TK Dharma Wanita Desa Nguter Kabupaten Lumajang Metode: Desain penelitian pre eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design (Desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa ada kelompok pembanding). Teknik sampling total sampling dengan sampel 30 responden dan jumlah populasi sebanyak 30 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan SOP dan lembar observasi atau Check List dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan Wilcoxon Hasil: Ada pengaruh perkembangan motorik halus anak prasekolah sebelum dan sesudah terapi bermain meronce di TK Dharma Wanita Desa Nguter Kabupaten Lumajang dan hasil uji statistik Wilcoxon didapatkan ρ value 0,000 lebih kecil dari α 0,05 atau (ρ<α). Kesimpulan: Alat permainan edukatif meronce dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus anak prasekolah di TK Dharma Wanita Desa Nguter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:48 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:48 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |