Salsabila, Nur Fakhira (2021) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA REMAJA. Other thesis, UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
17010158 Nur Fakhira Salsabila.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendahuluan : Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan remaja, bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua akan membentuk karakter anak yang akan terbawa saat berada diluar rumah bahkan sampai anak tumbuh dewasa. Salah satu pola asuh yang dapat diterapkan adalah pola asuh demokratis, orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis cenderung menganggap hak anak setara dengan orang tuanya, dalam pola asuh ini keputusan yang diambil harus disetujui orang tua dan anak secara sukarela. Sementara remaja dengan kontrol emosinya yang masih tidak berfungsi dengan baik terkadang mempertahankan pendapatnya dan orang tua akan terjebak dalam ruang kompromi yang diberikan kepada remaja sehingga dapat memungkinkan remaja melakukan kenakalan seperti perilaku bullying Metode : design penelitian adalah literature review. Pencarian database menggunakan google scholar artikel tahun 2016 sampai 2020 yang telah dilakukan proses seleksi menggunakan format PICOS dengan kriteria inklusi hubungan pola asuh demokratis terhadap perilaku bullying pada remaja dengan desain crossectional. Hasil : Sesuai dengan hasil yang diperoleh, dari 5 artikel diketahui bahwa 3 artikel menyebutkan bahwa pola asuh demokratis menjadi pola asuh yang diterapkan paling banyak kepada remaja, 1 artikel menyebutkan pola asuh demoktaris adalah pola asuh tertinggi kedua yang diterapkan kepada remaja dan 1 artikel menyebutkan bahwa pola asuh demokratis adalah pilihan pola asuh ketiga yang diterapkan kepada remaja. 5 artikel juga menunjukkan bahwa remaja yang mendapatkan pola asuh demokratis dari orang tuanya memiliki perilaku bullying dengan prosentasi tertinggi hingga paling rendah. Hasil ke 5 artikel yang ditelaah secara keseluruhan menuliskan hasil nilai p value <0,05. Kesimpulan : ada hubungan pola asuh terhadap perilaku bullying pada remaja. Diskusi : Pola asuh dapat diterapkan secara situasional artinya sesuai kebutuhan anak, ada saatnya remaja diperbolehkan untuk menyampaikan pendapatnya dan memberi keputusan, ada saatnya remaja diberi kebebasan untuk melakukan hal apapun selama tidak membahayakan, dan ada saatnya remaja diberi pembatasan atau aturan yang tegas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 05:08 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 05:08 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |