KARAKTERISTIK STRESS MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ulinnuha, Muhammad Hilmi (2021) KARAKTERISTIK STRESS MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.

[img] Text
17010156 Muhammad Hilmi Ulinnuha.pdf

Download (10MB)

Abstract

WHO telah menyatakan bahwa COVID-19 sebagai pandemi global terhitung sejak Maret 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kebijakan melalui surat edaran Mendikbud nomor 36962/MPK.A/HK/2020 yang menjelaskan terkait mekanisme proses belajar mengajar menggunakan metode dalam jaringan (daring) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di kalangan pelajar dan mahasiswa. Perubahan metode belajar yang sangat drastis membuat mahasiswa banyak mengeluhkan menurunnya minat belajar, mahasiswa juga menjadi bermalas-malasan serta timbulnya perasaan stress. Penelitian ini merupakan literature review. Pencarian artikel menggunakan database Google Scholar dan Science Direct. Identifikasi artikel menggunakan PICOS. Penilaian kualitas dan alur pencarian dijelaskan dalam PRISMA flow diagram. Desain artikel menggunakan cross sectional study. Diperoleh 5 artikel tentang stress mahasiswa pembelajaran daring. Diketahui karakteristik stress yang dialami sebagian besar merupakan stress akademik sedang, pembelajaran daring dilakukan menggunakan beberapa platform seperti google meet, google classroom, zoom, whatsapp grub dan lainnya. Aspek positif dan negatif pemebelajaran daring adalah terjadinya stress akademik seperti penurunan nilai, perubahan metode belajar yang diterapkan dan tekanan untuk mampu belajar mandiri. Berdasarkan analisa diketahui pembelajaran daring menuntut seorang mahasiswa untuk lebih aktif belajar mandiri selama mengikuti kelas online. Tingkat stress dapat terjadi karena selama pembelajaran daring banyak tugas yang diterima oleh mahasiswa dan banyak keterbatasan dalam proses pembelajaran daring. Rasa ketidakpuasan mahasiswa selama proses pembelajaran daring membuat mahasiswa merasa berat dan sulit memahami materi perkuliahan. Diharapkan mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring dapat memahami masalah yang disebebkan oleh pembelajaran daring yang mereka alami

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2021 05:01
Last Modified: 07 Dec 2021 05:01
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item