PENERAPAN ORIENTASI PASIEN BARU DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP KEPUASAN KLIEN DI RUMAH SAKIT DAERAH KALISAT JEMBER

Thusholihah, Mike Irmalina (2024) PENERAPAN ORIENTASI PASIEN BARU DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP KEPUASAN KLIEN DI RUMAH SAKIT DAERAH KALISAT JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Mike Irmalina Thusholihah.pdf

Download (282kB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan klien yang rendah mengakibatkan penurunan kunjungan di Rumah Sakit. Penjelasan tentang pelayanan keperawatan menjadi interaksi awal antara klien dan perawat yang bisa mempengaruhi kepuasan klien sehingga dapat meningkatkan kunjungan pasien di Rumah Sakit. Interaksi awal ini bisa dilakukan melalui orientasi pasien baru dengan menggunakan media lembar balik. Tujuan: Menganalisis penerapan orientasi pasien baru dengan menggunakan media lembar balik terhadap kepuasan klien di Rumah Sakit Daerah Kalisat. Metode: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Quasi experiment two group pretest posttest design. Populasinya yaitu keluarga pasien yang MRS di ruang manyar sejumlah 106. Sampel diambil dengan rumus Slovin yaitu 52, 26 orang kelompok intervensi dan 26 orang kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai sig < 0,05 dan nilai Cronbach’s alpha 0,960>0,6. Uji statistik menggunakan uji wilcoxon match paired test dan uji Mann whitney U Test. Hasil: Pada kelompok kontrol Tingkat kepuasan sebelum dilakukan orientasi 42,3 % tidak puas,53,8% puas. Tingkat kepuasan sesudah dilakukan orientasi 53,8 % puas. Tingkat kepuasan sebelum dilakukan orientasi pada kelompok intervensi 19,2 % tidak puas, 80,8 % puas, sedangkan tingkat kepuasan sesudah dilakukan orientasi 15,4 % puas dan 84,6 % sangat puas. Analisis : Uji wilcoxone kelompok intervensi nilai P value < 0,05.Pada kelompok kontrol nilai P value > 0,05. Analisis Mann Whitney U Test, p value < α 0,05. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan ada Pengaruh Penerapan Orientasi Pasien baru Dengan Media Lembar Balik Terhadap Kepuasan Klien Di Rumah Sakit Daerah Kalisat Jember. Diskusi: Kepuasan klien meningkat jika dilakukan orientasi pasien baru dengan menggunakan media lembar balik sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:56
Last Modified: 04 Sep 2024 03:07
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item