PERBEDAAN KESIAPAN SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR DI SMPN 2 KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO

Usnawiyah, Usnawiyah (2024) PERBEDAAN KESIAPAN SISWA SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA LUKA BAKAR DI SMPN 2 KRUCIL KABUPATEN PROBOLINGGO. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
Abstrak Usnawiyah.pdf

Download (772kB)

Abstract

Latar Belakang: Luka bakar kerap kali menjadi suatu permasalahan yang serius jika salah pada saat melakukan penanganan. Baik itu luka bakar golongan ringan, golongan sedang, ataupun luka bakar golongan berat. Penanganan yang tepat pada luka bakar menjadi sangat penting dilakukan pada awal peristiwa luka bakar terjadi, sedangkan di kalangan masyarakat maupun anak sekolah saat ini dalam menangani luka bakar banyak yang tidak tepat. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perbedaan kesiapan siswa sebelum dan sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan menggunakan video animasi pertolongan pertama luka bakar. Tujuan khususnya untuk menganalisis perbedaan kesiapan siswa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama luka bakar menggunakan video animasi di SMPN 2 Krucil Kabupaten Probolinggo.Metode : Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif pendekatan sistem One group pretest-posttest design. Peneliti melibatkan siswa SMPN 2 Krucil sebanyak 35 siswa dengan 32 sampel. Tekhnik yang digunakan pada saat proses pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kemudian pada instrumen media yang digunakan ialah lembar kueisoner dan analisis yang menggunakan uji wilcoxon (non parametrik). Hasil : Kesiapan siswa sebelum diberikan video animasi berada pada kategori kurang siap terbanyak yaitu 27 responden (84,4%) dan sesudah diberikan video animasi berada pada kategori sangat siap terbanyak 23 responden (71,9%). Dari analisis wilcoxon didapatkan p vallue (0,00) < α (0,05) maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima. Kesimpulan : Ada sebuah perbedaan kesiapan pada saat siswa sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan video animasi tentang pertolongan pertama pada luka bakar.Diskusi : Diharapkan institusi pendidikan dapat memberikan materi mengenai pertolongan pertama luka bakar pada siswa dengan menggunakan video animasi untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi pertolongan pertama luka bakar yang bisa terjadi kapan saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:25
Last Modified: 05 Aug 2024 05:25
URI: http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item