Aisya, Nuryva Kurniawan (2024) PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA FILM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN MODUL TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA MUSKULOSKELETAL. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
Abstrak Nuryva Kurniawan Aisya.pdf Download (318kB) |
Abstract
Latar Belakang: Cedera muskuloskeletal pada anak menjadi masalah kesehatan umum yang prevalensinya semakin meningkat. Pentingnya siswa memiliki motivasi dalam pemberian pertolongan pertama agar dapat mengurangi resiko cedera yang lebih serius. Langkah yang dapat dilakukan pemberian pendidikan kesehatan dengan media film berbasis kearifan lokal dan modul pertolongan pertama cedera muskuloskeletal. Tujuan: 1) Menganalisa perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pemberian media film 2) Menganalisa perbedaan motivasi sebelum dan sesudah pemberian modul 3) Menganalisa perbedaan penggunaan media film berbasis kearifan lokal dan modul terhadap motivasi siswa dalam melakukan pertololongan pertama cedera muskuloskeleal. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen pretest posttest design with two comparison treatments. Responden berjumlah 66 responden dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok film dan kelompok modul. Responden ditentukan dengan teknik non probabilty jenis purposive sampling, dengan kriteria inklusi yaitu siswa-siswi kelas VII SMPN 1 Kalisat Jember dan bersedia menjadi responden dari awal sampai akhir, kriteria eksklusi yaitu peserta yang tidak hadir di tempat saat penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner motivasi dan analisa data menggunakan uji t dependent dan t independent. Hasil: Berdasarkan hasil uji t dependen menunjukkan kelompok film memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi (p=0,000). Kelompok modul juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi (p=0,000). Hasil uji t independent didapatkan (p=0,141) > 0,05 yang diartikan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap variabel motivasi antara kelompok film dan modul. Kesimpulan: Tidak adanya perbedaan penggunan media film berbasis kearifan lokal dan modul terhadap motivasi siswa dalam pertolongan pertama cedera muskuloskeletal. Motivasi yang dihasilkan seseorang dipengaruhi oleh adanya proses belajar yang dilakukan oleh siswa dan pemanfaatan media dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 04:28 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:28 |
URI: | http://repository.uds.ac.id/id/eprint/1325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |