KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK

Wulandari, Retno and Mayasari, Shinta (2023) KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.

[img] Text
18040113 Retno Wulandari.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara kinerja dan harapan dari suatu pelayanan. Kepuasan pasien menjadi tolak ukur dari kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga teknis kefarmasian di apotek. Hal inilah mengakibatkan mengapa apotek berlomba untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian literature review ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek. Metode : Desain penelitian ini menggunakan metode literature review dan penelitian ini mengeksplorasi bukti yang dipublikasi dalam data elektronik : Google Scholar, PubMed, Scient Direct, Garuda dan Perpusnas. Artikel tahun 2019 sampai 2022 yang telah dilakukan proses seleksi menggunakan format PEOS dengan kriteria inklusi. Dimana terdapat five artikel dengan topik kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek. Hasil Penelitian : Hasil penelitian kepuasan pasien terhadap pelayanan kerfarmasian di apotek berdasarkan penampilan apotek dari lima artikel yang di review sebagian besar tiga artikel menuliskan puas dan dua artikel menuliskan tidak puas, berdasarkan kehandalan pelayanan dari lima artikel yang di review secara keseluruhan lima artikel menuliskan puas, berdasarkan ketanggapan pelayanan dari lima artikel yang di review sebagian besar tiga artikel menuliskan puas dan dua artikel menuliskan tidak puas, berdasarkan ketersediaan obat dari lima artikel yang di review sebagian besar empat artikel menuliskan puas dan satu artikel menuliskan tidak puas, berdasarkan pemberian informasi obat dari lima artikel yang di review sebagian besar tiga artikel menuliskan puas dan dua artikel menuliskan tidak puas. Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis lima artikel disimpulkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek mayoritas adalah puas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:30
Last Modified: 24 Nov 2023 07:30
URI: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/1158

Actions (login required)

View Item View Item