Fikri, Devi Restina and Pebrianti, Putri Meli (2023) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RS CITRA HUSADA JEMBER. Other thesis, Universitas dr. SOEBANDI.
![]() |
Text
19040021 Devi Restina Fikri.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian bermutu bila pelayanannya dilakukan sesuai standar yang ada. Mutu pelayanan yaitu faktor yang membentuk kepercayaan pasien serta dapat menimbulkan rasa puas disetiap pasien. Kepuasan pasien rendah, berdampak pada rumah sakit. Solusi dapat dilakukan yaitu mutu pelayanan kesehatan ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap kesehatan harus dengan standar pemanfaatan sumber daya secara efisien. Metode: Menggunakan jenis penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Penelitian dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Populasi pasien rawat jalan bulan Juli-Agustus 2023 sampel sebanyak 136 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan menggunakan analisis spearsman's rank. Hasil: Mutu pelayanan kefarmasian di RS Citra Husada Jember hampir seluruhnya (97,06%) kategori baik, tingkat kepuasan pasien hampir seluruhnya (95,06%) kategori puas. Dan analisis spearman’s rank didapatkan p value 0,024 ≤ α=0,05 KK =0,877= hubungan yang sangat kuat. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang sangat kuat antara mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi RS Citra Husada.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Unnamed user with email perpustakaan@stikesdrsoebandi.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:53 |
URI: | http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/1095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |